Selamat Datang di Blog MGMP IPS SMP Sebagai Media Informasi Kegiatan MGMP IPS SMP Negeri Kabupaten Lumajang

Minggu, 01 September 2019

MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS)



Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu model Two Stay Two Stray (TSTS). Model TSTS adalah model pembelajaran dua tinggal dan dua tamu yang dikembangkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1992 (Kagan & Kagan, 2007). Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membagi hasil dan informasi kepada anggota kelompok lain lebih intensif.
Adapun sintaks pelaksanaan model TSTS secara rinci sebagai berikut.
1)        Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri atas empat peserta didik. Kelompok yang dibentuk merupakan kelompok heterogen dengan tujuan untuk memberikan untuk saling membelajarkan (Peer Tutoring) dan saling mendukung.
2)        Guru memberikan sub pokok bahasan pada tiap-tiap kelompok untuk dibahas bersama-sama dengan anggota kelompoknya masing-masing.
3)        Peserta didik bekerjasama dalam kelompok beranggotakan empat orang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir.
4)        Setelah selesai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya untuk bertamu ke kelompok lain.
5)        Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
6)        Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
7)        Kelompok mencocokkan dan membahas hasil-hasil kerja mereka.
8)        Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka.
Sumber: (Lie dalam Yusritawati, 2009:14).

Penerapan model pembelajaran TSTS ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain kecenderungan belajar lebih bermakna, berorientasi pada keaktifan, membantu dalam meningkatkan minat dan hasil belajar (Lie dalam Yogaswara, 2012:2). Berdasarkan hasil penelitan Ismawati dan Hindarto (2011:38-41), bahwa model TSTS terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut diperkuat oleh hasil penelitian Rediarta, dkk. (2014:1-11), bahwa hasil belajar dengan penerapan model TSTS termasuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran ini dapat membawa implikasi terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.
Sebuah pengembangan model pembelajaran TSTS ini sangat diperlukan guna untuk menyesuaikan dan keberagaman kondisi setipa sekolah. Semisal, jumlah peserta didik. Guru bisa mengadaptasi dengan nama Two Stay Three Stray. Model pembelajaran ini juga sangat mengasyikan bagi peserta didik ketika diimplementasikan di luar kelas, khusunya pada tahapan bertamu atau saling mengunjungi. Guru Zaman Now wajib mencoba. (Wahyu Purwanto)

Daftar Rujukan:
Kagan, S., & Kagan, M. 2007. Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Ismawati, N. & Hindarto, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (7): 38-41.

Rediarta, I.W., dkk. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1): 1-11.

Yogaswara, B. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-1 SMA Nzegeri 1 Purwosari Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer Semester Genap 2011/2012. Skripsi Universitas Negeri Malang. (Online), (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel9DB8A2AD8497F61E2C5AC110690968AB.pdf), diakses tanggal 1 Februari 2017.

Yusritawati. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa SMP. (Online), (http://furahasekai.wordpress.com/2011/09/07/pembelajarankooperatif-tipe-two-stay-two-stray/), diakses pada tanggal 1 Juli 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer